Beranda > Kehidupan Lain, Kehidupan Mendunia > Ketertarikan baru: Wawancara – edisi Che Guevara

Ketertarikan baru: Wawancara – edisi Che Guevara

kamu jalan kaki. saya naik tank

suatu waktu saya mendadak teringat tugas Bahasa Indonesia saya untuk mendengarkan wawancara di televisi/radio. saya pernah berlangganan majalah Rolling Stone Indonesia, dan hafal betul kalau ada section “Q&A” di majalah musik tersebut. cari gampangnya, saya membaca salah satu wawancara tertulis penyanyi jazz Indonesia, tapi yang menarik saya adalah wawancara dengan orang orang besar asal Amerika Serikat, bertopik Kehebatan Dekade 60an. saya menyerap beberapa poin penting yang menambah wawasan, selebihnya adalah omongan ngelantur buat saya yang pas pas-an ini. jadi saya berpikir – “orang bule yang top mesti gini ya? gak tau itu sengaja apa enggak ngomong model gitu, biar keliatan kaya’ orang pinter atau emang pinter banget (dan saya pas pas-an) atau malah bego’ banget.”- jadi sekarang saya sedang tertarik dengan wawancara. oh ya, mengenal dan mengagumi orang orang besar dalam sejarah adalah tipe saya, salah satu yang saya suka adalah Ernesto ‘che’ Guevara, dan saya berimajinasi, jika saya bisa mewawancarai dia, seperti inilah jadinya: (jawaban jawaban dari Guevara adalah pikiran-tulisan saya juga berdasarkan fakta biografi yang dibaca. sebisa mungkin saya buat ‘wawancara imajinasi’ ini jadi seluwes dan sealami mungkin)

Ibu anda dikatakan pernah mengacungkan pistol saat debat politik. apa yang sebenarnya terjadi?
-itu sudah lama sekali. saat itu keadaan ekonomi keluarga sedang memburuk. saya rasa ibu saya kurang bisa membedakan urusan keluarga dengan yang ada di pekerjaannya.

Jadi kemarahan itu tidak ada hubungannya dengan suasana politik negara?
-tidak

Dari mana anda mendapatkan nama panggilan ‘che’?
-cerita yang panjang. saya dan Alberto kawan saya melakukan perjalanan panjang di kawasan Amerika Tengah-Selatan untuk urusan kesehatan. kusta tepatnya. kehidupan saya selama perjalanan sangat riskan, kami butuh teman yang bisa bersimpati. suatu hari saya bertemu dengan orang yang memiliki gudang daging, saya bekerja untuknya dengan bayaran daging sebagai bekal. saat itu saya masih muda, dan pekerja lainnya memanggil saya ‘nak’ (atau ‘che’).

Anda adalah putra Argentina. bagaimana bisa anda merevolusi Kuba?
-merevolusi kuba? jangan berlebihan. rakyat Kuba lah yang merevolusi diri mereka sendiri. kepercayaan akan kekuatan sendiri.

Maksud saya, bagaimana anda bisa jadi bagian dari rakyat Kuba? bahkan anda dekat dengan Castro.
-perjalanan kusta saya adalah perjalanan yang panjang, dan saya bertemu banyak macam orang. termasuk wanita yang membuat saya jatuh cinta.

Hilda Gadea? dimana kalian bertemu?
-saat saya sedang di Guatemala. januari 1954.

Sebentar. bicara soal Guatemala, bagaimana kelihatannya saat itu?
-tegang. maksud saya, sangat tegang. agen CIA dimana mana. menyusun kudeta.

Baiklah. ada apa dengan Hilda yang membuat anda menjadi bagian dari revolusi Kuba?
-dia adalah aktivis. dia paham politik dan hal mengenai revolusi. dia seorang eksil dan mengenal Castro. dan sepertinya saya cukup menarik bagi Castro, dan dia mempercayakan saya sekelompok brigade dari seluruh tentara revolusinya.

Apakah Batista menurut anda sebegitu perlunya untuk dilengserkan?
-dia tidak becus dan memperkaya diri sendiri. dia mendapatkan kekuasaan dari proses kudeta, jelas itu mencerminkan orang yang egois. sedang Kuba sangat membutuhkan sesuatu dari sekedar perkebunan gula. Kuba butuh kemandirian industrial, dan Batista tidak berpikir sejauh itu.

Bagaimana anda bisa menilai dia seperti itu?
-hey, Castro lah yang mempunyai ide!

Apakah anda seorang komunis?
-Paman Sam mengatakan demikian hanya karena kami dekat dengan Soviet, selebihnya saya adalah sesorang yang meneriakan “kemakmuran untuk semua” dan pro petani/buruh, jadi akan terdengar seperti komunisme, bukan? apalagi Kuba pasca revolusi begitu potensial. lihat sejarah, Paman Sam selalu berusaha untuk mengontrol negara negara yang rentan ‘menyimpang’ dari jalur ‘demokrasi Amerika Serikat’ dengan pemerintah buatannya yang justru lebih buruk. saya cinta demokrasi. saya memegang teguh kedaulatan rakyat. jika AS saat itu bisa menghargai revolusi kami, Kuba mungkin saja menjadi sahabat AS, bukannya dengan Soviet. seorang Amerika, jurnalis mungkin, pernah bicara kepada saya, “mengapa anda begitu tidak menyukai pemerintah kami (AS)?”– saya membalas, “seharusnya anda menanyakan hal itu kepada pemerintah anda.”-

Idealis?
-menurut anda? mungkin juga.

Invasi Teluk Babi oleh AS gagal. apa yang terjadi?
-potensial, semangat, dan penyangkalan terhadap rencana ‘jahat’. rencana invasi itu adalah rencana jahat AS. sama seperti invasi Vietnam. apa alasannya? apa yang mereka perjuangkan disana? samar. kesamaran mereka tidak membawa semangat juang yang tinggi. itulah yang menggagalkan mereka.

Bagaimana anda memandang Fidel Castro?
saya menghormati dia. karena dialah pencetus semuanya. berkeinginan keras tapi tidak bodoh dalam bertindak. dalam medan perang dia juga adalah ahli strategi yang handal.

Harapan anda?
-rakyat Kuba yang sadar akan harga dirinya. jika semua rakyat begitu, itu berarti mencakup harga diri negara. kemakmuran dan perdamaian di dunia. (ryn)

  1. November 3, 2009 pukul 11:02 am

    siang2 blogwalking nih.. salam kenal. maen2 dunx ke blog saya..
    http://dudijaya.blogspot.com

  2. November 1, 2009 pukul 4:31 pm

    Titip Pesan : Ayo Senin Besok Kita Pakai Baju Hitam Semua Untuk Dukung Cicak Melawan Buaya http://ruanghati.com/2009/11/01/ayo-senin-besok-kita-pakai-baju-hitam-untuk-dukung-cicak-lawan-buaya/

  3. yos
    November 1, 2009 pukul 7:48 am

    woy cuuy, link aku ko dah ngga ad… dah dihapus ta?

  4. November 1, 2009 pukul 7:38 am

    baru dengar che… eh itu tokoh apaan sih ??

    • November 1, 2009 pukul 9:50 am

      tokoh revolusi kuba. temen dueketnya fidel castro

  5. November 1, 2009 pukul 12:03 am

    saya pernah nonton dokumenternya si che guevara. orangnya kharismatik luar biasa. bahkan ada foto waktu dia sudah jadi mayat tetap menunjukkan kharismanya yang besar. nice info bro. Oh ya, minta izin, artikel james bond kamu saya jadikan bacaan rekomendasi di blog enigma. saya taruh di sidebar bawah. hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

